edom.web.id

Harga piano digital: 4 juta – 14 juta

Merek dan seri Harga (juta rupiah)
Kawai ES7 14,0
Kawai CL26 8,0
Casio Privia PX-750BK 7,5
Yamaha DGX-650 7,5
Kawai ES100 7,0
Yamaha YDP-123 6,5
Casio CDP-120 4,0

Harga piano digital merek dan seri lain pun tidak jauh daripada tabel di atas.

Harga di atas hanya kira-kira dan belum termasuk aksesoris seperti bangku dan kaki.

Kelebihan piano digital

Kebutuhan perawatan piano digital hampir tidak ada. Piano digital tidak banyak terpengaruh cuaca; ia bekerja sempurna dalam rentang tingkat kelembaban dan suhu yang cukup luas. Sebaliknya, piano akustik bisa sumbang jika cuaca berubah sehingga ia sebaiknya disetem secara berkala; palunya pun bisa aus sehingga perlu digerus atau diganti.

Piano digital mudah dibawa-bawa karena hanya berbobot 10–20 kg; ukurannya pun kecil jadi muat dalam mobil biasa, tetapi kursi mobilnya perlu dilipat supaya pianonya muat. Piano akustik bisa berbobot 200–500 kg dan ukurannya terlalu besar untuk mobil biasa.

Perihal mudah dibawa-bawa ini sangat penting saat banjir. Piano digital lebih mudah diselamatkan meskipun tetap saja keduanya akan sama-sama rusak jika terendam banjir. Piano tegak akustik saya sudah dua kali terendam banjir; butuh empat orang tukang yang kekar untuk mengangkatnya.

Piano digital biasanya bisa menjadi pengendali MIDI (MIDI controller) yang bisa dihubungkan lewat USB ke komputer untuk merekam permainan atau mengendalikan synthesizer.

Kelemahan piano digital

Piano digital tidak bisa bekerja tanpa listrik, tetapi PLN seharusnya kini sudah becus.

Suara piano akustik tentu lebih nyata, tetapi ini bergantung selera pendengar. Suara piano digital zaman sekarang pun sudah lumayan.

Piano digital tidak terkesan mewah. Namun, kurang masuk akal beli piano yang harganya menyaingi harga rumah Anda.