edom.web.id

Hal-hal yang tidak menurunkan berat badan

Setelah Anda tahu cara menurunkan berat badan, apakah Anda masih akan melakukan atau berpikir melakukan hal-hal di bawah ini?

Olahraga

Kita belum tahu bagaimana olahraga bisa menguruskan badan. Sepertinya ada kaitan antara kegiatan fisik dan konsentrasi hormon pertumbuhan dalam darah. Yang kita tahu, untuk menurunkan berat badan, mengatur jenis makanan jauh lebih penting daripada olahraga.

Saya tidak suka olahraga. Tiap hari saya duduk 12 jam lebih, dan jalan kaki hanya sekitar 500 langkah. Saya mungkin tidak sehat, hasil tes darah saya juga tidak terlalu bagus, dan saya tidak langsing, tapi saya tidak gembrot.

Olahraga baik untuk menjaga kesehatan, tetapi olahraga tidak banyak membantu menurunkan berat badan.

Membeli obat pelangsing, buku, video, CD, atau apapun yang mengaku bisa menurunkan berat badan

Tidak perlu beli yang aneh-aneh seperti obat pelangsing, buku, CD, atau apapun yang mengaku bisa menurunkan berat Anda. Kalau Anda berhasil jadi kurus, Anda akan berhenti beli produk mereka dong? Jadi, mereka justru tidak ingin Anda berhasil. Mereka cuma mau uang Anda; keberhasilan mereka adalah kegagalan Anda. Lagi pula, moyang kita tidak pakai itu pun sehat-sehat dan kurus-kurus saja.

Ke gym

Tidak perlu ke gym untuk menurunkan berat badan. Gym terlalu mahal kalau hanya dipakai untuk menguruskan badan. Lebih baik Anda jalan kaki keliling rumah, tapi jangan di tempat yang banyak kendaraan lewat; debu jalanan tidak menyehatkan.

Target

Jangan buat target hilang sekian kilogram dalam sekian hari. Target Anda bukan turun berat; target Anda adalah hidup sehat, dan langsing hanyalah salah satu efek sampingnya. Selain itu, Anda juga harus berpikir wajar: Anda tidak akan jadi kurus dalam sehari seperti Anda jadi gemuk pun tidak dalam sehari. Lagi pula, perubahan massa badan yang terlalu besar dalam waktu singkat justru bisa berbahaya.

Puasa

Tidak perlu repot-repot puasa, menahan nafsu makan, atau menahan lapar. Justru kalau Anda menahan diri, Anda akan mengalami ego depletion (kehabisan semangat) lalu gagal. Itulah mengapa orang yang mau cepat kurus (misalnya dengan tidak makan) biasanya gagal: itu terlalu menyiksa.

Makan terjadwal

Tidak perlu memastikan waktu atau frekuensi makan. Tidak perlu makan persis tiga kali, lima kali, atau berapa kalipun. Tidak perlu makan persis jam tujuh pagi, jam dua belas siang, jam tujuh malam, atau jam berapapun. Pokoknya kapanpun mulai lapar, makan, dan jangan sampai kekenyangan. Kalau tidak lapar, jangan makan. Tidak perlu menunggu sampai lapar sekali; kalau Anda mau makan ya makan saja; tidak perlu takut gendut. Asal susunan makanan Anda betul, Anda tidak akan gendut.

Menghitung kalori

Tidak perlu menghitung kalori dalam tahap ini. Anda orang sibuk, tak mau repot. Jangan terlalu bersemangat; nanti malah kecewa.

Terlalu bersemangat

Tidak perlu terlalu khawatir gemuk sampai menghindari acara makan-makan.